SEJARAH PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI BALI

Pada awal berdirinya perpustakaan PNB memiliki jumlah koleksi sebanyak 550 judul dengan 650 exemplar yang berlokasi di jurusan pariwisata. Saat itu tidak ada pengelola yang bertanggungjawab terhadap perpustakaan. Ditunjuknya jurusan pariwisata sebagai tempat perpustakaan didasarkan atas : (1) ruangan kelas yang masih memungkinkan, (2) koleksi terbanyak adalah buku pariwisata, (3) jurusan pariwisata waktu itu ( 1987) mendapat bantuan tenaga asing (advisor) dari australia. Tenaga dari australia ini, disamping sebagai pendamping dibidang pengajaran juga memberikan bantuan buku-buku yang berhubungan dengan jurusan pariwisata. Mengingat kebutuhan buku akan sangat mendesak baik bagi mahasiswa maupun pengajar, dilakukanlah terobosan untuk mendapatkan tempat perpustakaan yang representatif. Pada tahun 1990 lokasi perpustakaan dialihkan ke tempat baru yang bisa dijangkau oleh semua jurusan yang ada di PNB, tepatnya dibelakang kantor pusat PNB yang berada di lantai 2. Tempat perpustakaan yang baru ini mampu menampung 50 orang pengunjung. Setelah mendapat bantuan dari PEDC tepatnya pada bulan pebruari tahun 1990 barulah ditugaskan 2 orang staf pengelola perpustakaan yang telah diberi pelatihan di universitas udayana. Pada tahun 1995 perpustakaan yang sebelumnya dikelola full manual mendapat bantuan program perpustakaan Meta-marc, namun hanya bertahan selama 2 tahun dan pada tahun 1997 program tersebut tidak bisa dioperasikan lagi karena rusak dan data-data yang ada didalamnya juga tidak bisa diselamatkan. Setelah tamatnya program Meta-marc perpustakaan kembali dikelola secara manual dengan sistem brown ( kartu buku ) sampai dengan tahun 2004, dan pada tahun 2004 perpustakaan mendapat bantuan hibah SP4 yang kemudian diadakannya program baru perpustakaan berbasis internet yang digunakan sampai dengan saat ini. Sampai dengan awal tahun 2016 ini perpustakaan PNB telah memeiliki koleksi sebanyak 8234 judul dengan 19641 exemplar. Koleksi yang dimiliki saat ini belumlah memadai jika dibandingkan dengan jumlah civitas maupun siswa yang ada saat ini dengan standar rasio 1: 20 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 3336 orang atau civitas sebanyak 3875 orang. Saat ini perpustakaan PNB melayani 6 jurusan dengan 15 prodi dimana kekuatan koleksi yang dimiliki terdiri dari 10 jenis yaitu : Audio visual (CD), buku, handout, laporan oenelitian, laporan PKL, tugas akhir, buku referensi, jurnal dan majalah ( 7 ) , tabloid (3), dan surat kabar ( 5 ).

VISI DAN MISI

a) Visi
Terselenggaranya perpustakaan PNB sebagai pusat ilmu pengetahuan dan penyedia informasi dalam rangka menunjang tri dharma perguruan tinggi. b) Misi
1. Meningkatkan peran perpustakaan sebagai pendukung proses belajar mengajar
2. Menciptakan dan mengembangkan kebiasaan membaca di lingkungan kampus dengan ketersediaan akses informasi terkini
3. Mewujudkan perpustakaan sebagai pusat layanan rujukan dan pusat mengakses ilmu pengetahuan untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Collections

We have many types of collections in our library, range from Fictions to Sciences Material, from printed material to digital collections such CD-ROM, CD, VCD and DVD. We also collect daily serials publications such as newspaper and also monthly serials such as magazines.

Library Membership

To be able to loan our library collections, you must first become library member. There is terms and conditions that you must obey.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly